Cara Mendapatkan Microsoft Office Dengan Gratis
Office merupakan paket program penunjang produktivitas yang paling terkenal di dunia. Ini artinya, kemungkinan Anda akan menemukan dokumen-dokumen Office pada saat-saat tertentu ketika bekerja menggunakan komputer. Jika Anda perlu membuka, menyunting, atau membuat dokumen-dokumen Office, namun Anda tidak ingin membayar programnya, ada beberapa pilihan yang tersedia untuk diikuti. Anda dapat menggunakan versi percobaan untuk mendapatkan akses ke semua fitur Office dalam satu bulan penuh. Anda juga dapat menggunakan aplikasi web Office secara gratis untuk membuat dan menyunting dokumen melalui internet. Selain itu, ada beberapa aplikasi Office gratis yang tersedia untuk perangkat mobil, dan Anda juga dapat menggunakan program-program alternatif yang tetap mendukung format-format berkas Office.
Metode1Mendapatkan Office Versi Percobaan
- 1Gunakan versi percobaan dari Office 365 selama satu bulan. Anda dapat menggunakan Office secara gratis selama satu bulan dengan mengunduh versi percobaannya. Paket unduhan ini mencakup versi Office 2016 dari Microsoft Word, Excel, PowerPoint, Outlook, dan program-program Office lainnya. Office 365 merupakan satu-satunya versi Office yang tersedia dalam versi percobaan gratis.
- Untuk menggunakan versi percobaan, Anda perlu mendaftarkan diri dan memasukkan informasi kartu kredit yang sah, namun Anda tidak akan dikenakan biaya sampai permulaan bulan ke dua. Dengan melakukan pembatalan sebelum akhir bulan pertama, Anda tidak akan dikenakan biaya apa pun dan dapat menggunakan versi percobaan untuk satu bulan pertama secara penuh.
- 2Kunjungi situs versi percobaan Office. Anda dapat mengunduh versi percobaan program dari situs resmi Office. Masuklah ke products.office.com/try untuk mengakses halaman versi percobaan.
- 3Klik tombol “Try 1-month free” yang tersedia. Setelah itu, proses pendaftaran akan dimulai.
- 4Masuklah denga akun Microsoft, atau buatlah akun yang baru. Anda akan diminta untuk masuk dengan akun Microsoft. Anda dapat menggunakan alamat surel, baik Hotmail, Live.com, atau Outlook.com untuk masuk, atau Anda dapat membuat akun baru secara gratis. Untuk mengunduh dan menggunakan versi percobaan, Anda harus membuat akun terlebih dahulu.
- 5Masukkan informasi kartu kredit yang sah. Anda perlu memasukkan informasi kartu kredit atau debit untuk memulai versi percobaan. Anda tidak akan langsung dikenakan biaya, namun biaya bulanan Office 365 akan dikenakan jika Anda tidak membatalkan penggunaan versi percobaan sebelum batas waktunya berakhir.
- 6Unduhlah berkas pemasangan Office 365. Setelah Anda membuat akun dan memasukkan informasi kartu kredit, Anda akan diberi tautan untuk mengunduh berkas pemasangan Office 365. Berkas itu sendiri berukuran sangat kecil dan pengunduhannya hanya memakan waktu sebentar.
- 7Jalankan berkas setelah pengunduhan selesai. Setelah berkas diunduh, jalankan berkas untuk memulai pengunduhan dan pemasangan program Office yang sebenarnya. Anda akan diminta untuk memasukkan lagi akun Microsoft sebelum pengunduhan berlangsung.
- Selama pemasangan berlangsung, Anda akan diminta untuk memilih produk-produk Office yang ingin dipasang. Anda dapat menghemat waktu dan ruang cakram keras dengan membatalkan pilihan pada program-program yang tidak akan digunakan. Jika pada akhirnya Anda membutuhkannya, Anda selalu dapat memasangnya kembali nanti.
- Proses pemasangan akan memakan waktu yang signifikan, terutama jika Anda memiliki koneksi internet yang lambat.
- 8Jalankan program Office yang telah terpasang. Anda dapat menemukan program-program Office yang baru dipasang di menu “Start”. Setelah itu, Anda dapat menggunakan semua fitur program selama masa percobaan berlangsung.
Metode2Menggunakan Aplikasi Web Office Gratis
- 1Kunjungi situs web Office. Microsoft menawarkan program-program seperti Word, Excel, PowerPoint, dan program-program lainnya untuk diakses melalui internet secara gratis. Meskipun tidak sehebat versi desktop, Anda tetap dapat mengerjakan apa pun yang diperlukan tanpa harus memasang program pada komputer atau membayar apa pun. Kunjungilah office.com untuk melihat aplikasi-aplikasi web Office yang tersedia.
- 2Klik program Office yang ingin dijalankan. Anda dapat melihat beberapa program yang tersedia dengan menggeser halaman situs Office. Setelah itu, klik aplikasi yang ingin dijalankan.
- 3Masuklah dengan akun Microsoft. Anda perlu masuk ke akun Microsoft pribadi atau akun kantor atau sekolah. Setelah masuk, Anda dapat mulai menggunakan program yang dipilih. Jika Anda tidak memiliki akun Microsoft, Anda dapat membuatnya secara gratis. Setelah akun dibuat, Anda akan diberikan ruang penyimpanan OneDrive sebesar 5GB untuk menyimpan dokumen-dokumen dan mengaksesnya melalui komputer atau perangkat apa pun.
- 4Gunakan program yang dipilih. Tata letak aplikasi web Office hampir serupa dengan versi desktopnya. Gunakan tab yang ada di atas layar untuk berpindah dari satu pilihan penyuntingan ke pilihan lain. Anda juga mungkin memerhatikan bahwa ada beberapa fitur yang hilang atau terbatas. Untuk mengakses fitur-fitur yang lebih canggih, Anda memerlukan program Office dalam versi desktop. Kunjungi halaman dukungan Microsoft ini untuk mengetahui daftar lengkap perbedaan antara versi web dan versi desktop dari Microsoft Word. [1]
- 5Simpanlah dokumen Anda. Aplikasi web Office tidak menyediakan fitur simpan otomatis (auto-save) sehingga pastikan Anda menyimpan berkas Anda secara manual dari waktu ke waktu. Anda dapat menyimpan dokumen dengan mengeklik tab “File” dan memilih “Save As”.
- Ketika Anda menyimpan dokumen, dokumen akan tersimpan di ruang penyimpanan OneDrive.
- Anda juga dapat memilih untuk mengunduh dokumen ke komputer melalui menu “Save As”. Ada beberapa pilihan format yang tersedia, termasuk PDF dan format-format terbuka lainnya.
- 6Unggah dokumen Anda ke ruang penyimpanan OneDrive untuk membukanya melalui aplikasi web Office. Jika Anda menerima dokumen Office dari seseorang, Anda dapat membukanya melalui aplikasi web dengan mengunggahnya terlebih dahulu ke ruang penyimpanan OneDrive.
- Kunjungi onedrive.live.com melalui peramban. Anda juga dapat menggunakan aplikasi OneDrive jika Anda sedang menggunakan perangkat mobil.
- Seret dan lepaskan berkas Anda ke jendela peramban untuk mengunggahnya ke ruang penyimpanan OneDrive. Pengunggahan dokumen-dokumen berukuran kecil hanya memakan waktu sebentar, namun pengunggahan dokumen-dokumen besar seperti presentasi PowerPoint dapat memakan waktu yang lebih lama.
- Klik dokumen yang sudah diunggah di OneDrive untuk membukanya di aplikasi web Office. Setelah itu, Anda dapat melihat dan menyunting dokumen tersebut (jika dokumen tidak diproteksi).
Metode3Menggunakan Aplikasi Office Versi Perangkat Mobil
- 1Unduhlah aplikasi mobil Office untuk perangkat iOS atau Android. Microsoft menyediakan aplikasi Office gratis yang tersedia untuk perangkat Android dan iOS. Anda dapat mengunduhnya dari Google Play Store atau dari Apple App Store. Versi gratis dari aplikasi ini menyediakan fiture penyuntingan dan pembuatan dokumen dasar. Jika Anda berlangganan dengan Office 365, Anda dapat mengakses lebih banyak fitur-fitur yang lebih canggih.
- 2Izinkan aplikasi Office untuk mengakses ruang penyimpanan perangkat. Ketika aplikasi dijalankan untuk pertama kali, Anda mungkin diminta untuk memberikan izin agar aplikasi dapat mengakses ruang penyimpanan perangkat. Izinkan akses agar Anda dapat dengan mudah menyimpan dan membuka berkas.
- 3Masuklah dengan akun Microsoft untuk terhubung dengan OneDrive. Anda akan diminta untuk masuk dengan akun Microsoft ketika pertama kali menjalankan aplikasi. Meskipun Anda dapat melewatinya, dengan masuk ke akun atau membuat akun baru Anda akan mendapatkan ruang penyimpanan OneDrive sebesar 5GB dan dapat menyinkronkan berkas-berkas Office dari satu perangkat ke perangkat lain.
- 4Sentuh “Open” untuk membuka berkas dari beragam direktori. Anda dapat membuka berkas yang telah diunduh ke perangkat, dokumen yang tersimpan di Google Drive atau Dropbox, berkas-berkas yang tersimpan di OneDrive, dan lain-lain. Aplikasi Office ini mendukung semua format yang umumnya sesuai (mis. aplikasi Word dapat membuka dokumen dengan format DOC, DOCX,dan TXT).
- 5Sentuh “New” untuk membuat dokumen baru. Di bagian atas layar “New”, Anda dapat melihat menu untuk menentukan lokasi pembuatan atau penyimpanan dokumen. Jika Anda sudah masuk ke akun Microsoft, direktori personal OneDrive Anda akan menjadi lokasi penyimpanan standar. Anda juga dapat menyimpan dokumen di perangkat Anda.
- 6Gunakan tombol-tombol yang ada di atas layar untuk mengakses peralatan format. Ketika tombol “A” dengan ikon pensil ditekan, bilah format akan muncul di layar. Anda dapat memilih peralatan penyuntingan dan format dasar dari tab Office yang sudah familiar pada bilah tersebut. Sentuh tombol “Home” untuk melihat tab berbeda yang dapat Anda akses. Anda juga dapat menggeser bilah ke atas dan ke bawah untuk melihat semua pilihan yang tersedia.
- Ketika papan tik terbuka di layar, Anda dapat menggeser bilah di atasnya ke kiri dan ke kanan untuk melihat peralatan format akses cepat.
- 7Sentuh tombol “Save” untuk menyimpan dokumen. Dokumen Anda secara otomatis akan disimpan dalam jangka waktu tertentu, namun Anda dapat menyentuh tombol “Save” yang muncul untuk segera menyimpan dokumen. Anda juga dapat menyentuh tombol menu di pojok kiri atas layar dan memilih “Save” kapan pun Anda perlu.
Metode4Menggunakan Program Alternatif
- 1Cari tahu program-program desktop pengganti Office yang tersedia. Ada beberapa program alternatif yang menawarkan hampir semua fitur-fitur yang ada pada Office (beberapa program justru menawarkan fitur-fitur yang tidak ada pada Office). Program-program ini dapat membuka dan menyunting dokumen-dokumen Office, serta berbagai format terbuka lainnya. Beberapa program penunjang produktivitas yang paling populer adalah FreeOffice, OpenOffice, dan LibreOffice. [2]
- FreeOffice merupakan pilihan program yang paling mudah digunakan, sementara OpenOffice dan LibreOffice merupakan program yang lebih canggih. Jika Anda terbiasa dengan tampilan antarmuka Office, cobalah gunakan FreeOffice atau LibreOffice.
- 2Unduhlah program tersebut. Setelah Anda membuat pilihan, Anda dapat mengunduh berkas pemasangan untuk program tersebut. Kunjungi situs-situs berikut ini untuk mengunduh berkas pemasangan program yang diinginkan:
- LibreOffice: libreoffice.org/download/libreoffice-fresh/
- FreeOffice: freeoffice.com/en/download
- OpenOffice: openoffice.org/download/index.html
- 3Jalankan berkas pemasangan. Anda dapat memilih program apa saja yang ingin Anda pasang. Dengan memilih program-program yang akan digunakan saja, Anda dapat memotong waktu pemasangan dan menghemat ruang penyimpanan.
- 4Biasakan diri Anda dengan program baru tersebut. Semua program-program alternatif yang disebutkan memiliki penampilan dan ‘karakter’ yang berbeda, serta sudah dilengkapi dengan fitur penuh. Oleh karena itu, Anda akan sedikit mempelajari penggunaannya, terutama jika Anda terbiasa menggunakan Office. Fitur-fitur dasarnya umumnya cukup mudah digunakan, dan Anda dapat mencari petunjuk untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang lebih rumit di YouTube atau di sini, di wikiHow.
- Carilah artikel mengenai cara menggunakan Writer OpenOffice.org untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Writer, program alternatif Microsoft Word yang disediakan oleh OpenOffice.
- Carilah artikel mengenai cara menggunakan LibreOffice untuk mendapatkan tips agar Anda terbiasa dengan program penyunting kata bawaan LibreOffice.
- 5Cobalah gunakan program alternatif berbasis server digital (cloud-based). Seiring perkembangan peralatan daring yang semakin canggih, kebutuhan untuk memasang program penunjang produktivitas di komputer semakin menurun. Selain aplikasi web Office yang dijelaskan sebelumnya, ada beberapa program penunjang produktivitas berbasis server digital yang dapat digunakan. Semua layanan-layanan tersebut memungkinkan Anda untuk mengunggah dan menyunting dokumen-dokumen Office. [3]
- Google Docs merupakan pilihan program alternatif berbasis server digital yang paling terkenal. Anda dapat membuat dan menyunting dokumen, lembar lajur, dan presentasi menggunakan peralatan Google yang tersedia secara daring. Anda juga dapat mengakses apa pun dari Google Drive yang memuat semua dokumen yang tersimpan. Jika Anda memiliki akun Gmail, Anda dapat mengakses Google Docs. Bacalah artikel mengenai cara menggunakan Google Drive untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai pembuatan dan penyuntingan dokumen pada Google Docs.
- Zoho merupakan program pengganti Office lain yang berbasis server digital. Tampilan antarmukanya jauh lebih menyerupai Office daripada Google Docs. Akan tetapi, seperti halnya Google Docs, Anda dapat membuat dokumen, lembar lajur, dan presentasi. Carilah artikel mengenai cara menggunakan Zoho Docs untuk mengetahui petunjuk terkait penggunaan program tersebut.
- OnlyOffice merupakan program internet alternatif Office yang memungkinkan Anda untuk membuat dokumen, lembar lajur, dan presentasi.
0 Comments