Cara Mengoperasikan Paket program Pengolah Angka/ Spreadsheet (Ms. Excel)

A. Memulai Program Pengolah Angka/ Spreadsheet

  • Pastikan program Microsoft Excel sudah terinstal.
  • Klik tombol Start 
  • Pilih Program Microsoft 
  • Selanjutnya double klik Office Excel



       Selanjutnya akan ada tampilan berikut
Tampilan workbook Microsoft Excel
      Keterangan:
  • Office Button = Tombol perintah: New, Open, Save As, Print
  • Titel Bar = Nama file yang aktif
  • Kontrol Jendela = Tombol untuk menutup program aplikasi
  • Menu Bar = Menu pulldown yang berisi icon tombol, seperti didalam menu Home terdapat: Clipboard, Font, Alignment
  • Toolbar = Seperangkat icon tombol untuk mempercepat operasi
  • Ribbon = Toolbar beberapa group yang terdiri beberapa perintah seperti: Home, Insert, Page layout, Formula, Data, review dan view
  • Quick Access Toolbar = Tombol cepat dan dapat ditambah atau dikurangi sesuai dengan kebutuhan
  • Name Box = Menampilkan lokasi atau nama dari sel yang dipilih
  • Formula Bar = Untuk tempat penulisan formula
  • Row (Baris) = Sekelompok sel berjejer dari sisi kiri halaman ke kanan. Dalam Excel, baris diidentifikasi oleh nomor 
  • Column (Kolom) = Sekelompok sel berjejer dari halaman ke bawah. Pada Excel, kolom diidentifikasi oleh huruf.
  • Sel = Pertemuan antara baris dan kolom, seperti A1 berada di kolom A baris ke 1 akan terlihat pada Name Box
  • Tabulasi Sheet = Lembar kerja atau lembar halaman
  • Insert Worksheet = Menambahkan lembar kerja atau halaman
  • Status Bar = Mengetahui Status lembar  kerja aktif
  • View Mode = Melihat tampilan lembar kerja
  • Zoom Slider = Memperbesar dan memperkecil tampilan lembar kerja
  • Horisontal Scoll Bar = Berfungsi mengulir dari kiri dan kanan
  • Vertical Scoll Bar = Berfungsi mengulir dari atas ke bawah


B. Membuat File baru

         Klik Office Button --> New --> Blank Workbook --> Create
Langkah Membuat File baru dalam Microsoft Excel
      Langkah untuk membuat file baru adalah sebagai berikut:

  1. Klik Office button/ File
  2. Pilih New
  3. Klik Blank Workbook


C. Menyimpan file baru

        Klik Office Button --> Save atau (Ctrl + S) -->  Tentukan Lokasi Data -->  Beri nama file  -->  Save
Langkah Menyimpan file dalam Microsoft Excel

      Setelah mengentri data, langkah selanjutnya menyimpan file sebagai berikut:
  1. Klik Office button/ File
  2. Pilih Save As
  3. Klik Komputer (Posisi penyimpanan dalam perangkat komputer)
  4. Tentukan lokasi penyimpanan, Misalnya DATA D
  5. Isi File Name dengan Nama File Anda, Misalnya Nama_Latihan Awal
  6. Kemudian Klik Save


D. Membuka File

       Klik Office Button --> Open (Ctrl + O) --> Tentukan Lokasi Data file yang akan dicari 
        -->  Carnama file  --> Open
Langkah Membuka File Pada Microsoft Excel
File dapat dibuka kembali dengan cara sebagai berikut:
  1. Klik Office button/ File
  2. Pilih Open, Jika disebelah kanan muncul Recent workbook (untuk melihat kronologis data yang pernah anda buka)  silahkan klik. Apabila file tidak muncul Silahkan klik Komputer (jika file disimpan di komputer). Kemudian cari lokasi penyimpanan, Misalnya DATA D
  3. Kemudian double Klik File yang telah anda temukan


E. Menambah Tombol pada Quick Access Toolbar

        Klik Customize Quick Access Toolbar --> More Commands -->
        Choose commands from, Pilih All Commands -->
        Pilih Tool yang ingin ditambahkan --> Klik Add {tampilan muncul di For all document (default)} -->OK
Tampilan Excel Option untuk menambahkan tombol Quick Access
Ada saatnya anda membutuhkan tombol untuk mempercepat akses menuju perintah tertentu. untuk menambahkan tombol tersebut, langkah-langkahnya sebagai berikut:
  1. Klik tanda panah bawah kiri atas hingga muncul papan layar Quick Access toolbar
  2. Pilih more commands
  3. Pilih All Commands
  4. Pilih dan klik icon menu yang dibutuhkan
  5. Klik Add
  6. Tool yang ditambahkan muncul di for all documents (default)
  7. Klik OK

F. Menutup Lembar Kerja

       Klik Close (x) di pojok --> Yes / No menyimpan Dokumen, Cancel untuk membatalkan
Langkah menutup lembar kerja pada Microsoft Excel
Untuk menutup lembar kerja yang masih aktif, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Klik tanda ( x )/ Close yang terdapat pada sudut kanan atas
  2. Klik Save, agar pembaharuan file tersimpan dengan sempurna. Klik No jika tidak ingin menyimpan file
  3. Klik Cancel jika ingin membatalkan.

      Mengoperasikan program pengolah angka/ spreadsheet cukup mudah bukan? Jika sudah mulai lancar, anda bisa lanjut ke tahap selanjutnya yakni mengentri dan mengolah data.

sumber:https://www.materibelajarkita.com/2020/04/spreadsheet.html

Post a Comment

0 Comments