Samsat Online Nasional
Apa itu Samsat Online Nasional ?
Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) Online Nasional (disingkat SAMOLNAS) adalah layanan jaringan elektronik yang diselenggarakan Tim Pembina Samsat Nasional berdasarkan peraturan perundang-undangan Republik Indonesia untuk pembayaran dan pengesahan tahunan secara online Pajak Kendaraan Bermotor, SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan), dan PNBP Pengesahan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) yang dapat dilakukan secara Nasional melalui aplikasi layanan mobile. Aplikasi e-Samsat dapat mempermudah nasabah untuk mengurus perpanjangan STNK, info pajak dan pembayaran pajak kendaraan secara online.
Bagaimana alur end to end process pembayaran Samsat Online Nasional ?
gambar
- Nasabah mengunduh aplikasi “Samsat Online Nasional” di google Playstore
- Nasabah melakukan registrasi dengan melakukan pengisian data-data mandatory (NRKB, NIK dan 5 (lima) digit Nomor Rangka terahir, serta alamat e-mail), dan kemudian request kode bayar
- Nasabah mendapatkan SKKP elektronik dan kode bayar
- Nasabah melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) dengan memasukkan kode bayar, pembayaran dapat dilakukan melalui Mandiri Online, ATM Mandiri, atau Teller
- Nasabah akan mendapat Struk & e-TBPKP (e-TBPKP dikirim melalui e-mail) yang berlaku sebagai bukti pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) selama 30 hari
- Nasabah akan mendapatkan TBPKP/ SKPD & Stiker Pengesahan STNK secara fisik yang akan dikirimkan ke alamat rumah nasabah sesuai dengan alamat yang tertera pada STNK
Wilayah mana saja yang melayani pembayaran Samsat Online Nasional saat ini?
Saat ini Samsat Online Nasional meliputi 7 provinsi, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, DI Yogyakarta, dan Bali.
Apakah pembayaran Samsat Online Nasional melalui Bank Mandiri dapat dilakukan untuk semua wilayah tersebut dan kapan Bank Mandiri mulai menerima pembayaran untuk wilayah tersebut ?
Saat ini pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor melalui Samsat Online Nasional melalui Bank Mandiri untuk wilayah Banten, DI Yogyakarta dan Bali sudah dapat dilakukan per 1 Maret 2019, sedangkan untuk wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur dapat dilakukan per 1 Mei 2019.
Apakah ada spesifikasi smartphone tertentu untuk akses aplikasi Samsat Online Nasional ?
Ya ada, smartphone android semua tipe dengan OS android 4.0
Bagaimana cara download dan install aplikasi Samsat Online Nasional ?
- Ketik “Samsat Online Nasional” di kolom search di Playstore
- Klik Download/ Update
Bagaimana cara akses dan daftar di aplikasi Samsat Online Nasional ?
- Buka aplikasi Samsat Online Nasional yang sudah didownload dan diinstal dengan tampilan awal sebagai berikut :
- Menu Utama Aplikasi, lalu pilih daftar
- Isi data-data NRKB, NIK dan 5 (lima) digit Nomor Rangka terakhir, sbb :
- Sistem Samsat Online Nasional akan melakukan verifikasi kesesuaian data NRKB, NIK dan 5 digit Nomor rangka terakhir, jika data telah sesuai maka sistem akan mengeluarkan SKKP atau data penetapan yang terdiri dari Pajak Kendaraan, SWDKLLJ dan Pengesahan serta Kode Bayar/ Kode Billing (kode billing hanya berlaku selama 2 jam) sbb :
Apakah data NIK dan data pemilik kendaraan bermotor yang terdaftar di system Korlantas harus cocok untuk dapat melakukan pembayaran UBP Samsat Online Nasional ?
Tidak, kecuali untuk pembayaran Samsat Online Nasional untuk kendaraan bermotor yang terdaftar di wilayah DKI Jakarta
Apakah pembayaran UBP Samsat Online Nasional dapat dilakukan untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor yang sudah habis masa berlakunya/ terlambat/ sudah jatuh tempo?
Untuk sementara belum bisa
Apa saja channel Bank Mandiri yang bisa dilakukan pembayaran UBP Samsat Online Nasional ?
Pembayaran dapat dilakukan melalui Teller, Mandiri ATM dan Mandiri Online dengan biaya Rp. 5.000,- per transaksi
Apa yang diisi pada layar/ slip setoran saat melakukan pembayaran UBP Samsat Online Nasional?
Saat melakukan pembayaran, nasabah cukup mengisi Nomor Bayar yang diperoleh dari aplikasi khusus Samsat Online Nasional yang dapat via Google Playstore (Android)
Bagaimana jika nomor bayar / kode inputan tidak ditemukan/gagal inquiry di channel bank Mandiri?
Nasabah dapat menghubungi Mandiri Call di 14000.
Bagaimana jika nasabah salah bayar dengan memasukkan nomor bayar / kode inputan lain di channel Bank Mandiri
Nasabah dapat menghubungi kantor Samsat terdekat atau Mandiri Call di 14000 untuk diproses pengembalian dana sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Bank Mandiri.
Bagaimana jika transaksi time out gagal, akan tetapi dana rekening nasabah sudah terdebet ?
Nasabah dapat menghubungi Mandiri Call di 14000 untuk diproses pengembalian dana sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Bank Mandiri.
Bagaimana jika transaksi pembayaran sukses tetapi receipt tidak tercetak/tidak terbaca/hilang ?
Nasabah dapat melakukan pengecekan saldo via channel Bank Mandiri, jika rekening sudah terdebet nasabah dapat menghubungi Mandiri Call 14000 atau cabang Bank Mandiri terdekat untuk membuat laporan/ pengaduan untuk memastikan bahwa transaksi tersebut memang berhasil.
Bagaimana proses penerimaan dan penyelesaian pengaduan Samsat Online Nasional jika ada kendala pada saat pembayaran dan berapa lama SLA nya?
Proses pengaduan dapat dilakukan dengan menghubungi Mandiri Call 14000, SLA sesuai dengan PTO Mandiri Bill Collection yang berlaku saat ini yaitu 7 (tujuh) hari kerja.
Siapakah kontak dari masing – masing pihak yang terlibat ?
Samsat Online Nasional : ke masing – masing kantor Samsat di masing – masing daerah.
Bank Mandiri : Mandiri Call 14000 atau website Bank Mandiri di www.bankmandiri.co.id
- Pembayaran melalui Mandiri ATM
Langkah-langkah transaksi melalui mandiri ATM Biller Code 60110 – Samsat Online Nas- Masukkan Kartu ATM, Kemudian Pilih BAHASA INDONESIA
- Masukkan PIN ATM lalu pilih menu BAYAR/BELI kemudian pilih menu MULTIPAYMENT
- Ketik Kode Perusahaan, yaitu 60110 (Samsat Online Nas), tekan BENAR
- Isi Nomor Bayar, kemudian tekan BENAR
- Muncul konfirmasi data nasabah
- Pilih nomor 1 sesuai tagihan yang akan dibayar, kemudian tekan YA
- Muncul konfirmasi pembayaran. Tekan YA untuk melakukan pembayaran.
- Bukti pembayaran dalam bentuk STRUK agar disimpan sebagai bukti pembayaran yang sah dari Bank Mandiri
- Pembayaran Melalui Mandiri Online
Langkah – langkah transaksi menggunakan Mandiri Online :- Akses portal Mandiri Online
- Masukkan User ID dan PIN/Password untuk login
- Muncul halaman Home
- Pilih Menu Bayar
- Pilih Menu Multipayment
- Muncul halaman untuk Pembayaran, pada kolom penyedia jasa pilih Samsat Online Nasional
- Pilih rekening sumber
- Pada kolom nomor virtual account, input Nomor Bayar, kemudian klik Tambah Sebagai Nomor Baru
- Ketik jenis pembayaran pada kolom Nama Pembayaran, kemudian klik Konfirmasi
- Masukkan jumlah nominal bayar, kemudian klik lanjut untuk melanjutkan proses
- Pada layar konfirmasi, klik konfirmasi untuk melanjutkan
- Masukkan PIN Mandiri Mobile
- Transaksi selesai dan muncul layar receipt. Simpan baik – baik bukti transaksi anda
- Pembayaran Melalui Teller / Cabang Bank Mandiri
Bagi nasabah yang akan melakukan pembayaran dan pengesahan tahunan secara online Pajak Kendaraan Bermotor, SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan), dan PNBP Pengesahan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan), juga dapat dilakukan secara Nasional melalui pengisian aplikasi formulir di teller di seluruh cabang Bank Mandiri dengan menyerahkan slip pembayaran langsung kepada teller di cabang Bank Mandiri dengan mengisi No Bayar.
Untuk mendapatkan Nomor Bayar, nasabah masuk ke dalam website khusus Samsat Online Nasional atau melakukan download aplikasi Samsat Online Nasional di playstore pada android, kemudian melakukan proses input data – datanya.
Adapun secara teknis pengisian formulir yang ada pada teller cabang Bank Mandiri adalah sebagai berikut :
Info lebih lanjut
Info lebih lanjut hubungi Mandiri Call 14000
0 Comments