SOAL UMUM
Otomatisasi Tatakelola Perkantoran
Pengertian administrasi secara luas adalah : A. Kegiatan menyusun kerangka organisasi yang menjadi wadah aktivitas B. Pengarahan menyeluruh terhadap kegiatan-kegiatan transportasi C. Tata penyelenggaraan pelayanan komunikasi D. Kegiatan kerja sama yang dilakukan manusia ataupun sekelompok orang atau masyarakat hingga tercapainya sebuah tujuan yang diinginkan. E. Tempat sekelompok orang berkumpul dan bekerjasama Berikut ini merupakan salah satu fungsi pekerjaan kantor : A. Memberikan pelayanan terhadap pelaksanaan pekerjaan-pekerjaan keuangan untuk mencapai tujuan organisasi B. Menyediakan informasi atau keterangan bagi pimpinan organisasi untuk membuat keputusan C. Menyediakan informasi atau keterangan bagi mitra kerja organisasi untuk embeli produk D. Melakukan kegiatan perencanaan organisasi setiap tri wulan E. Membantu kompetitor organisasi untuk mengetahui informasi organisasi Di bawah ini yang termasuk barang tidak habis pakai adalah …. A. Perforator, stapler, kertas B. Spidol, kertas, perforator C. Spidol, kertas, staples D. Perforator, stapler, Gunting E. Kertas, pulpen, gunting Berikut ini adalah contoh dokumen yang memiliki nilai historis … A. Naskah Proklamasi, Faktur, Akta jual beli B. Naskah Proklamasi, Perjanjian Linggarjati, Surat Perintah 11 Maret C. KTP, ijazah, akta lahir D. Naskah proklamasi, KTP, Ijazah E. Kuitansi, faktur, nota, naskah MOU |
Pengendalian kegiatan pengelolaan surat dan arsip yang dibebankan dan dipertanggungjawabkan kepada suatu unit kerja yang disebut dengan unit kearsipan, berarti pengelolaan tersebut menggunakan asas…. A. Sentralisasi B. Desentralisasi C. Gabungan D. Desentralisasi terkendali Asas pengelolaan arsip yang bertujuan meningkatkan kelebihan dari suatu asas dan meminimalkan kekurangannya adalah asas…. A. Sentralisasi B. Desentralisasi C. Gabungan D. Desentralisasi terkendali Proses kerja akan lebih lancar karena arsip dapat lebih mudah ditemukan, merupakan salah satu keuntungan dari pengelolaan arsip dengan menggunakan asas…. A. Sentralisasi B. Desentralisasi C. Gabungan D. Desentralisasi terkendali Tempat penyimpanan arsip yang penggunaannya memerlukan alat bantu perforator adalah…. A. Stopmap folio dan box file B. Map snelhecter dan guide C. Ordner dan map snelhecter D. Box file dan ordner Prosedur pengurusan surat masuk dengan menggunakan sistem buku agenda adalah…. A. Penerimaan – pencatatan – penyortiran – pengarahan – penyimpanan -penyampaian, B. Penerimaan – penyortiran – pencatatan – pengarahan – penyampaian – penyimpanan, C. Penerimaan –pengarahan – pencatatan – penyortiran – penyimpanan -penyampaian, D. Penerimaan – pencatatan – penyortiran – pengarahan –penyampaian – penyimpanan. Petugas yang bertugas untuk mengantarkan surat langsung kepada alamat yang dituju, disebut…. A. Satpam B. Penerima surat C. Kurir D. Pengarah surat Dalam penanganan surat masuk biasa, setelah surat dicatat pada Lembar Pengantar I dan II, maka selanjutnya diserahkan kepada…. A. Pengarah surat B. Penata arsip C. Unit Pengolah D. Unit Kearsipan Yang harus dilakukan dalam menangani surat-surat yang memiliki lampiran adalah…. A. Menyatukan lampiran dengan suratnya menggunakan paper clip, B. Menyimpan lampirannya pada tempat khusus, C. Mencatat tersendiri untuk surat-surat yang memiliki lampiran, D. Surat dan lampiran dipisahkan. |
Perencanaan sarana dan prasarana dilakukan dengan melalui suatu prosedur, adapun prosedur/langkah yang pertama adalah ... a. Mengadakan seleksi b. Merencanakan anggaran c. Pemecahan permasalahan d. Mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan sarpras |
Salah satu permasalahan dihadapi dalam perencanaan sarana dan prasarana adalah .... a. Terbatasnya dana yang tersedia b. Penggunaan sarana yang efisien c. Terjadinya pemborosan dana yang tidak perlu d. Pembelian dengan tepat guna |
Di bawah ini hal yang berhubungan dengan perancanaan kebutuhan prasarana, yaitu ... a. Berabot b. Buku c. Alat-alat d. Lahan/tanah |
Pengadaan barang/jasa dapat diikuti oleh semua penyedia barang/jasa yang memenuhi persyaratan, kriteria tertentu berdasarkan ketentuan dan prosedur yang jelas. Uraian dimaksud merupakan .... a. Prinsip Akuntabel b. Prinsip terbuka c. Prinsip adil/tidak diskriminasi d. Prinsip bersaing |
Kegiatan yang mencakup sejak perencanaan kebutuhan, penentuan kebutuhan, pengadaan, pendistribusian, penyimpanan dan pergudangan, pemeliharaan, inventarisasi, dan penghapusaan adalah merupakan .... a. Pengertian administrasi sarana dan prasarana b. Ruang lingkup administrasi sarana dan prasaranas c. Tujuan administrasi sarana dan prasarana d. Fungsi administrasi sarana dan prasarana |
Menyediakan sarana dan prasarana/perbekalan yang siap pakai (ready for use) ke unit-unit kerja maupun personel sehingga menjamin kelangsungan aktivitas maupun tugas setiap unit kerja maupun personel dalam suatu organisasi. Pernyataan tersebut merupakan .... a. Kegtiatan manajerial administrasi sarana dan prasarana b. Kegiatan operasional administrasi sarana dan prasarana c. Tujuan administrasi sarana dan prasarana d. Objek administrasi sarana dan prasarana |
Keseluruhan orang yang bekerja pada suatu kantor tertentu atau orang yang melakukan pekerjaan dengan mendapatkan imbalan jasa berupa gaji atau tunjangan baik di instansi pemerintah atau swasta adalah … (A) personil kantor (B) syarat kantor (C) jenis kantor (D) tanggungjawab kantor Administrator, Manager, Staff (pembantu) dan Worker (pegawai atau pekerja) adalah (A) tanggungjawab kantor (B) Jenis personil kantor (C) Nama personil kantor (D) Syarat personil kantor Pengetahuan, Keterampilan, Kepribadian, sikap dan perilaku adalah (A) tanggungjawab kantor (B) Jenis personil kantor (C) Nama personil kantor (D) Syarat personil kantor Suatu proses atau usaha mencari dan mempengaruhi tenaga kerja agar mau melamar untuk lowongan kerja yang ada dalam suatu perusahaan atau instansi, disebut…. (A) Seleksi (B) Rekruitmen (C) Analisis jabatan (D) Tes |
Barang-barang yang digunakan untuk menghasilkan suatu pekerjaan kantor yang sesuai dengan yang diharapkan, seperti kerjas, karbon, pita mesin, tinta, perforator, numbering machine dan lain-lain (A) Ketatausaaan (B) Perlengkapan kantor (C) Jenis perlengkapan kantor (D) Fungsi perlengkapan kantor Semua jenis barang atau fasilitas kantor yang berfungsi untuk menghias kantor sehingga tercipta ruangan yang serasi, rapih dan nyaman, adalah pengertian dari… (A) Pesawat kantor (B) Mesin kantor (C) Perabot kantor (D) Interior kantor Dibawah ini yang termasuk kedalam perlengkapan kantor habis pakai adalah…. (A) Kertas; gunting; lem (B) Amplop; kertas; gunting (C) Karbon, hecter; pena (D) Kertas; karbon; lem Suatu usaha agar peralatan siap digunakan dan daya tahan lama serta awet dinamakan (A) Perbaikan (B) Pemeliharaan (C) Service (D) berkala Buku yang digunakan untuk mencatat semua barang tidak habis pakai yang dimiliki oleh organisasi yang bersangkutan, disebut.. (A) Buku induk barang inventaris (B) Buku golongan barang inventaris (C) Buku catatan barang non inventaris (D) Buku agenda |
The Liang Gie mengartikan organisasi sebagai… (A) Kegiatan menghimpun orang dan dilakukan kerjasama untuk mencapai suatu tujuan tertentu (B) Alat, bagian atau anggota badan (C) Suatu sistem usaha kerjsama sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama (D) Suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama Struktur organiasi sebagai proses penentuan keputusan memilih alternatif kerangka kerja jabatan, proyek pekerjaan dan departemen adalah pendapat (A) Ivancevich, (B) Gibson (C) Mullins (D) Sondang Struktur organisasi yang diciptakan oleh Henry Fayol dan dianggap sebagai struktur organisasi yang paling tua dan paling sederhana adalah (A) Bentuk Garis/lini (B) Bentuk garis dan staf (C) Bentuk fungsional (D) Bentuk produ Pemusatan dari kegiatan-kegiatan kantor pada suatu bagian atau unit tertentu dan manajemennya diserahkan kepada satu orang yang khusus bertanggungjawab dalam bidang aktivitas perkantoran, ini adalah pengertian dari asas… (A) Sentralisasi (B) Efisiensi (C) Asas campuran (D) Desentralisasi Pemencaran atau penyebaran dimana masing-masing bagian pokok bekerja sebagai satu kesatuan yang seakan-akan berdiri sendiri merupakan pengertian dari asas… (A) Sentralisasi (B) Asas campuran (C) Desentralisasi (D) Ekonomisasi |
Penyusunan perabot dan alat perlengkapan pada luas yang tersedia., ini merupakan pengertian kantor menurut… (A) G.R. Terry (B) Drs. Sondang P. Siagian (C) Quibble (D) Littlefield dan Peterson Suatu pekerjaan harus selalu bergerak maju dari permulaan dikerjakan sampai selesainya, tanpa ada gerak mundur atau menyilang dan bentuknya bisa berupa garis lurus siku-siku, lingkaran, huruf L, atau huruf U. Hal ini merupakan penataan ruang kantor dengan memperhatikan asas… (A) Jarak terpendek (B) Rangkaian kerja (C) Penggunaan seluruh ruangan (D) Perubahan susunan tempat kerja Batas kedudukan antara pimpinan dan bawahan tidak nampak jelas merupakan kelemahan dari tata ruang kantor jenis… (A) Tertutup/berkamar (B) Terbuka (C) Berpanorama/berhias (D) Gabungan Jenis cahaya yang digunakan untuk menerangi area kerja seorang pegawai dengan tujuan untuk membantu aktivitas tertentu, misalnya menggambar yang memerlukan konsentrasi tinggi dikenal dengan sebutan… (A) Task lighting (B) Natural lighting (C) Ambient lighting (D) Accent lighting Dalam merancang pengorganisasian pekerjaan kantor, sebagian ditangani oleh masing unitnya dan sebagian dipusatkan pada unit tertentu, maka rancangan ini menganut asas: (A) Gabungan (B) desentralisasi (C) sentralisasi (D) moder |
Merupakan jalinan terintegrasi antara manusia dan atau mesin untuk menyajikan informasi yang dibutuhkan oleh pengambil keputusan adalah pengertian sistem informasi manajemen menurut… (A) O’Brien, J.A dan Marakas, G.M (B) Gordon B. Davis (C) Walter J. Kennevan (D) R.R Duersch Berikut ini yang bukan merupakan manfaat dari penerapan sistem informasi yang baik adalah… (A) Meningkatkan kinerja organisasi (B) Mengaitkan perencanaan, pengerjaan, dan pengendalian dalam organisasi (C) Mengoordinasikan subsistem-subsistem dalam organisasi (D) Meningkatkan biaya operasional Jenis sistem informasi terkomputerisasi pada level yang lebih tingi yang berfungsi sebagai pendukung dalam proses pembuatan keputusan adalah… (A) TPS (B) DSS (C) SIM (D) OAS Komponen sistem informasi manajemen yang merupakan kombinasi prosedur, logika dan model matematika yang akan memanipulasi data input dan data yang tersimpan di basis data dengan cara yang sudah ditentukan disebut… (A) Input (B) Output (C) Model (D) Teknologi Berikut ini yang tidak termasuk komponen sistem informasi manajemen adalah… (A) Input (B) Output (C) Pengendalian (D) penggerakan |
Penetapan standard kerja, pengukuran dan pembandingan antara standard dengan hasil serta pembetulan terhadap ketidak sesuaian merupakan aktivitas: (A) Pengorganisasian pekerjaan kantor (B) Pengendalian pekerjaan kantor (C) Manajemen pekerjaan kantor (D) Administrasi kantor Manajemen untuk menjamin bahwa strategi yang dijalankan sesuai dengan tujuan organisasi yang akan dituju adalah pengertian … (A) Pengertian pengendalian (B) Tujuan pengendalian (C) Azas-azas pengendalian (D) Manfaat pengendalian Pengendalian harus luwes untuk menghindari kegagalan pelaksanaan rencana, merupakan asas pengendalian… (A) Fleksibel (B) Peninjauan kembali (C) Tindakan (D) Pengeculian Serangkaian langkah-langkah logis dimana semua tindakan bisnis berulang dimulai, dilakukan, dikontrol, dan diselesaikan merupakan pengertian dari… (A) Prosedur (B) Sistem (C) Metode (D) Alur kerja Pengendalian pekerjaan kantor secara internal dapat dilakukan oleh (A) Atasan (B) Atasan langsung dan SPI (C) SPI (D) Superviser |
Penilaian pekerja pegawai dapat dilihat dari beberapa demensi yaitu : a. kegunaannya bersifat sementara b. bersifat umum c. Valid. d. Sensitif Kinerja Penilaian kinerja menjadi tiga, yaitu: pendekatan trait, pendekatan perilaku dan pendekatan hasil. Ini adalah pendapat dari : a. kreitner dan kinicki b. Werther dan Davis c. Hani Handoko d. Moekiyat Pendekatan Seperti Seperti loyalitas, Inisiatif dan pengalaman Termasuk dalam Pendekatan… a. Perilaku b. Hasil c. Trait d. Spektakuler SKP merupakan singkatan dari : a. Standard Kerja Pegawai b. Sasaran Kerja Pegawai c. Sasaran Kegiatan Pegawai d. Sasaran Kerja Petugas Lapangan Penilaian prestasi kerja PNS dilakukan berdasarkan prinsip: a. Variabel b. Terukur c. Koknitif d. Aspiratif |
Perbandingan yang terbaik antara input (masukan) dan output (hasil antara keuntungan dengan sumber-sumber yang dipergunakan) merupakan pengertian efisiensi menurut… (A) The Liang Gie (B) H. Emerson (C) T. Mulyamah (D) Sedarmayanti Berbagai kerja perkantoran yang bersifat umum sebaiknya dipersatukan dan dipusatkan. Hal ini merupakan perwujudan dari asas efisiensi…. (A) Perencanaan (B) Penghematan (C) Penghapusan (D) Penggabungan Berikut ini yang merupakan unsur dari efisiensi adalah… (A) Metode (B) Money (C) Keahlian (D) Mesin Dalam menulis bilangan hendaknya dinyatakan dengan angka-angka dan bukan huruf sehingga lebih mudah ditangkap oleh mata. Hal ini merupakan contoh penerapan efisiensi dari penggunaan sumber usaha yang berupa… (A) Pikiran (B) Tenaga (C) Waktu (D) Ruang Setiap pejabat hendaknya menyusun acara dan jadwal kerja untuk setiap waktu yang ditentukan, merupakan penerapan efisiensi dari segi penggunaan… (A) Pikiran (B) Tenaga (C) Waktu (D) Ruang |
Laporan kepegawaian adalah laporan tentang keadaan atau kondisi yang berkaitan dengan segala hal mengenai kedudukan, kewajiban, hak, dan …. pada suatu perusahaan atau instansi. a. keuangan perusahaan b. permintaan pegawai c. kewajiban perusahaan d. pembinaan pegawai Yang termasuk Laporan Berkala adalah : a. Laporan Harian b. Laporan Mingguan. c. Laporan Triwulan d. Lapoan semester Penerapan aplikasi sistem informasi kepegawaian ini memiliki banyak manfaat bagi perusahaan, organisasi, maupun institusi yang menggunakannya, diantaranya adalah: a. Meningkatkan kinerja pegawai khususnya bagian kepegawaian b. Mempermudah data pegawai c. Mempermudah Pegawai naik pangkat d. Meningkatkan kinerja seluruh pegawai Salah satu alat yang digunaklan untuk mengerjakan tugas – tugas / pekerjaan kantor adalah komputer. Komputer terdiri dari bagian software, hardware dan a. Brainware b. Sofiware c. Printer d. Britania Berikut ini yang termasuk prinsip-prinsip manejemen/administrasi perkantoran menurut Henry Fayol diantaranya adalah… a. Pembagian kerja, disiplin dan kesatuan perintah b. Tujuan, perencanaan dan pengawasan c. Perencanaan, pengorganisasian dan pengawasan d. Motivasi, delegasi, promosi e. Sentralisasi dan desentralisasi Salah satu fungsi pekerjaan kantor dalam organisasi adalah... a. Mejual barang/jasa b. Memberikan pelayanan kepada pelanggan c. Menyediakan informasi kepada masyarakat d. Membantu kelancaran perkembangan organisasi secara keseluruhan e. Meningkatkan kinerja karyawan Saat Anda menerima telepon masuk dan penelepon ingin berbicara dengan pimpinan, sementara beliau sedang sibuk dan tak ingin diganggu. Apa yang harus anda sampaikan agar si penelepon tidak kecewa... a. Bapak sedang sibuk tidak bisa diganggu! b. Maaf bapak sedang sibuk, bisa telepon lagi? c. Maaf bapak sedang sibuk, ada pesan yang ingin disampaikan? d. Tinggalkan pesan saja Bapak sedang sibuk e. Lain kali saja Bapak telepon lagi Suatu rangkaian kegiatan yang menyampaikan warta dari seseorang kepada orang lain dalam rangka usaha kerja sama untuk mencapai tujuan disebut …. a. Komunikasi b. Tata kerja kantor c. Tata hubungan d. Komunikasi kantor e. Tata hubungan komunikasi Radio, tape recorder dan telepon merupakan jenis media komunikasi... a. Audio Visual b. Cetak c. Visual d. Gambar e. Audio Langkah yang tepat untuk memberikan kepuasan terhadap kebutuhan yang di sampaikan oleh pelanggan adalah …. a. Melaporkan kepada atasan b. Menelepon bagain costumer services c. Mendengarkan dan mencatat solusi d. Memberikan pada bagian lain e. Mencatat keluhannya Agar karyawan/pekerja merasa selamat dalam melakukan aktifitas kerja, harus memperhatikan unsur-unsur penunjang keselamatan kerja berikut ini, yaitu …. a. adanya kesadaran dalam menjaga keamanan dan kesehatan kerja b. teliti dalam bekerja c. melaksanakan prosedur kerja dengan memperhatikan keamanan dan kesehatan kerja d. menggunakan alat pelindung diri pada saat bekerja e. semua jawaban benar Lingkungan tempat di mana seorang tenaga kerja, seorang karyawan melakukan suatu pekerjaan disebut …. a. lingkungan hidup d. lingkungan sosial b. lingkungan alami e. lingkungan buatan c. lingkungan kerja Aplikasi software komputer yang digunakan untuk membuat laporan keuangan kas kecil dan dokumen lainnya yang berupa angka dan tabel adalah …. a. MS Acces b. MS Excel c. MS Word d. MS Power Point e. MS Publisher Untuk menambahkan slide baru dapat dilakukan melalui menu bar … a. Insert – Group Slides – New Slides b. Button – Insert – New Slides c. Home – Group Sides – New Slides d. Home – Styles – New Slides e. Start – Insert – New Slides Alat yang digunakan untuk mengirim data dokumen yang sama dengan aslinya,baik tulisan dan gambar dalam waktun yang singkat... a. MesinBinding b. Telepon genggam c. Mesin fotocopi d. Risograf e. Mesin Faximili Dokumen bersejarah yang mencakup materi cetak, tidak tercetak, prasasti, disebut dokumen… a. Korporil d. Tekstual b. Literer e. Non Tekstual c. Pribadi Untuk mengetahui jumlah surat yang telah dikeluarkan atau surat yang diterima pada periode tertentu, adalah kegunaan … surat a. Kepala d. Hal b. Tanggal e. Nomor c. Alamat Dalam Bentuk surat yang ciri kususnya terletak pada penulisan alamat dalam, yaitu alamat dalamnya berlekuk, disebut surat… a. Block Style b. Indented Style c. Full Block Style d. Semi Block Style e. Hanging Paragraph Style Semua mesin yang dirancang dengan menggabungkan tiga teknologi yaitu scanning, fotocopi serta sistem offset adalah.. a. Mesin fotocopi d. Mesin stensil otomatis b. Mesin Faximili e. Mesin stensil manual c. Risograf Suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk atau sifat benda, dokumen, foto,gelombang dan suhu adalah.. a. Mesin stensil d. Mesin binding b. Mesin fotocopi e. Mesin scanner c. Risograf Keuntungan menggunakan Risograf adalah... a. Sebagai alat penggandaaan b. Biaya operasional tinggi c. Mencetak kertas 150lembar/menit d. Perawatan mahal e. Waktu mencetak terlalu lama Sistem penyimpan dan penemuan kembali arsip berdasarkan hari, tanggal, bulan dan tahun, disebut sistem .... a. Kronologis b. Alfabetic c. Geografis d. Numeric e. Subyek Map yang menggunakan jepitan, digunakan untuk menyimpan arsip dan biasanya disusun secara vertical di atas rak, disebut .... a. Stop map b. Snelhecter c. Map gantung d. Ordner e. Tab Sekumpulan informasi yang ditata secara sistematis, terdiri dari informasi tertulis, terketik, tercetak atau telah terekam dengan mesin disebut .... a. Warkat b. Record c. File d. Surat e. Arsip Informasi yang berisikan tentang e-mail lain masuk ke e-mail anda dalam bentuk informasi yang tidak dikenal adalah …. a. Inbox b. Drafts c. Sent d. Trash e. Spam Pada penangananan surat masuk, setelah diterima dicatat ke buku agenda, langkah berikutnya adalah … a. Dikirim kebagian lain b. Dicatat kedalam buku ekspedisi c. Diberi lembar disposisi d. Diperiksa kelengkapan isinya e. Disimpan Surat keluar merupakan kebutuhan, misalnya kantor ingin mengundang rapat, maka dibuat suratundangan rapat, cara pendistribusian surat undangan dalam organisasi menggunakan buku …. a. Agenda b. Ekspedisi intern c. Ekspedisi ekstern d. Agenda tunggal e. Agenda berpasangan Hal yang pertama kali dilakukan oleh seorang sekretaris dalam menangani perjalanan bisnis adalah.. . a. menyiapkan akomodasi b. menyiapkan transportasi c. menyiapkan dokumen d. menyiapkan keuangan e. menyiapkan penginapan Suatu bukti izin yang berupa cap pada lembar halaman paspor yang berlaku pada waktu tertentu yaitu tidak lebih dari dua minggu disebut . . . . a. fiskal b. Visa c. paspor d. yellow card e. SPPD Agar rapat berjalan sesuai dengan keinginan dan tujuan rapat, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan salah satunya adalah persiapan administrasi. Hal-hal yang berkaitan dengan persiapan administrasi adalah.. a. Membuat surat undangan rapat b. Persiapan akomodasi c. Pengaturan tempat duduk d. Menentukan tujuan rapat e. Penyusunan notula Segala bentuk peralatan dan perlengkapan yang menjadi fasilitas penunjang bagi pertemuan/rapat agar berjalan lancar disebut... a. Dokumen rapat b. Lay out c. Media rapat d. Distribusi e. Akomodasi Transaksi-transaksi berikut yang dibiayai dengan dana kas kecil, yaitu.... a. biaya produksi b. biaya promosi c. pengadaan barang d. pembelian mesin dan kendaraan kantor e. biaya rekening telepon Setiap transaksi yang terjadi yang berkaitan dengan dana kas kecil, tidak dicatat dalam jurnal. Ini merupakan ciri metode.... a. fluctuation fund system b. lifo c. moving average d. fifo e. imprest fund system. Pelanggan eksternal bisa individu atau perorangan dan perusahaan atau lembaga, oleh sebab itu kebutuhan pelanggan ekternal diantaranya … a. kerjsama/teamwork b. struktur dan sistem yang jelas c. kualitas kerja d. harga yang kompetitif e. tepat waktu Data tentang karyawan, seperti data absensi, dan data jam kerja lembur termasuk data…. a. data keuangan b. data administrasi c. data kepegawaian d. data pembelian e. data produksi Data yang dikelola adalah yang bersifat bahan jadi bagi pengambilan keputusan pemimpin organisasi yaitu pengolahan data/informasi pada tingkat…. a. tingkat manajemen b. tingkat produksi c. tingkat operasional d. tingkat bawahan e. tingkat atasan Proses penarikan sejumlah calon pegawai yang memiliki potensi untuk ditarik menjadi pegawai, yang dilakukan melalui berbagai kegiatan disebut…. a. Rekrutmen b. formasi c. promosi d. mutasi e. PHK Melakukan tindakan pencatatan dan penyusunan daftar inventaris secara sistematis, tertib, dan teratur berdasarkan ketentuan dan pedoman yang berlaku dinamakan…. a. maintenance b. rehabilitasi c. akumulasi penyusutan d. inventarisasi e. administrasi Komunikasi non verbal disampaikan dengan cara …. a. Membaca b. Menulis c. Mendengarkan d. Bahasa tubuh e. Lambang atau gambar Instruksi number of copies pada menu print berguna untuk …. a. Mencetak seluruh halaman b. Mencetak halaman tertentu c. Mengatur penggunaan tinta printer yang diinginkan d. Mencetak halaman yang aktif e. Menentukan jumlah cetakan Seseorang yang menyampaikan informasi penting yang digunakan sebagai dasar atau petunjuk kerja disebut kolega yang berarti … a. Tamu kantor b. Pelanggan kantor c. Rekan kantor d. Teman atasan e. Dinas pemerintah Buku yang digunakan untuk mencatat pendistribusian surat adalah … a. Disposisi b. Buku jurnal surat keluar c. Buku jurnal surat masuk d. Buku ekspedisi e. Buku direktori |
SOAL OTK Keuangan
SOAL OTK Sarpras
Soal Administrasi Sarana dan Prasarana
hai guys , kali ini saya akan membuat soal Adm. Sarana dan Prasarana untuk kelas XII , Jurusan adm. Perkantoran . Semoga bermanfaat :)
atau orang-orang yang membutuhkan barang tersebut , yang diberikan ke
pemegang satu dengan yang lainnya disebut ...
A. Pengertian pendistibusian
B. Pengertian sarana dan prasarana
C. Pengertian sarana dan prasarana kantor
D. Pegertian pemindahan kantor
E. Pengertian sistem pendistribusian
A. Penyusunan alokasi
B. Penyusunan tempat
C. Penyerahan dokumen
D. Penyerahan tanda terima
E. Penyerahan bukti pembelian
bagian yang membutuhkan tanpa proses penyimpanan terlebih dahulu disebut ...
A. Sistem pendistribusian secara tepat
B. Sistem pendistribusian secara tidak tepat
C. Sistem pendistribusian secara langsung
D. Sistem pendistribusian secara tidak langsung
melainkan harus disimpan terlebih dahulu di gudang adalah pengertian dari ...
A. Sistem pendistribusian secara tepat
B. Sistem pendistribusian secara tidak tepat
C. Sistem pendistribusian secara langsung
D. Sistem pendistribusian secara tidak langsung
E. Semua jawaban salah
2) Asas Kecepatan
3) Asas Kejujuran
4) Asas keamanan
5) Asas Pendistribusian
6) Asas Ekonomi
A. 1), 2), 3) , dan 4)
B. 2), 3), 4) , dan 5)
C. 1), 3), 5), dan 6)
D. 1), 2), 3), dan 6)
E. 1), 2), 4) , dan 6
atau suatu panitia/tim kepada yang membentuknya sebagai akibat dari
pelaksanaan suatu kegiatan disebut ...
A. Pengertian laporan
B. Pengertian sarana dan prasarana
D. Pegertian pemindahan kantor
E. Pengertian sistem pendistribusian
A. Sebagai pertanggung jawaban bagi orang yang diberi tugas
B. Sebagai bahan penilaian
C. Sebagai bahan informasi
D. Sebagai bahan bukti
E. Semua jawaban benar
A. Menggunakan bahasa yang baku dan sopan
B. Harus mengandung kebenaran dan objektivitas
C. Harus disampaikan kepada orang dan alamat yang tepat
D. Harus dibuat tepat waktu
E. Semua jawaban benar
merupakan jenis laporan berdasarkan ...
A. Waktu
B. Bentuk
C. Penyampaian
D. Sifat
E. Isinya
sampai empat halaman adalah jenis laporan berdasarkan ...
A. Waktu
C. Penyampaian
D. Sifat
E. Isinya
hasil pengadaan barang / bahan kantor yang berasal dari instansi lain disebut ...
A. Penyimpanan
B. Pendistribusian
C. Pemeliharaan
D. Penerimaan
E. Semua jawaban salah
A. Supaya barang tidak dipakai
B. Dibiarkan disimpa di gudang
C. Tidak untuk di pakai
D. Sebagai syarat untuk memenui fasilitas kantor
E. Agar barang tidak cepat rusak
kantor adalah ...
A. Orang yang memberikan barang tersebut
B. Orang/perusahaan dari barang tersebut
C. Sifat barang yang disimpan
D. Nama orang yang menerima barang
E. Bukti penerimaan barang
A. Laporan
D. Pemeliharaan
E. Penyimpanan
sarana dan prasarana yang dimiliki disebut ...
A. Pengertian penyimpanan
B. Pegertian pemeliharaan
C. Pengertian sarana dan prasarana
D. Pengertian inventarisasi sarana dan prasarana
E. Semua jawaban salah
A. Agar peralatan tidak mudah hilang
B. Adanya bukti tertulis terhadap kegiatan pengelolaan barang
C. Memudahkan dalam pengecekan barang
D. Memudahkan dalam pengawasan barang
E. Semua jawaban benar
oleh suatu kantor disebut ...
A. Buku induk inventaris
B. Buku golongan barang inventaris
C. Buku catatan barang non inventaris
D. Buku golongan induk
E. Semua jawaban salah
oleh suatu kantor disebut ...
A. Buku induk inventaris
C. Buku catatan barang non inventaris
D. Buku golongan induk
E. Semua jawaban salah
disebut ...
A. Buku induk inventaris
C. Buku catatan barang non inventaris
D. Buku golongan induk
E. Semua jawaban salah
merupakan tujuan dari ...
A.Penyimpanan
B. Pendistribusian
C. Pemeliharaan
D. Pencatatan
E. Inventarisasi
SOAL OTK Kepegawaian
Soal Ulangan Sem 1 OTK Kepegawaian Kelas 12 OTKP
Penilaian Akhir Semester 1
Otomatisasi dan Tata Kelola Kepegawaian Kelas XII OTKP
1. Di bawah ini yang merupakan faktor kesejahteraan pegawai adalah….
a. Gaji dan upah yang baik
b. Pemimpin yang adil
c. Pemimpin yang bijaksana
d. Keamanan
e. Kesenangan
2. Keamanan mencakup hal…..
a. Rekreasi bersama
b. Gaji
c. Tunjangan
d. Suasana kerja
e. Bonus
3. Kemakmuran meliputi hal…..
a. Rekreasi bersama
b. Gaji
c. Rasa aman
d. Suasana kerja
e. Kesehatan
4. Kesenangan meliputi…..
a. Gaji
b. Bonus
c. Tunjangan
d. Rekreasi
e. Suasana kerja
5. Bentuk perlindungan ekonomis terhadap bahaya meliputi……
a. Rekreasi
b. Perumahan
c. Pembentukan koperasi
d. Konseling
e. Beasiswa pendidikan
6. Obyek dari administrasi kepegawaian adalah……
a. Alat-alat produksi
b. Manusia
c. Biaya kepegawaian
d. Arsip kepegawaian
e. Produk
7. Setiap kegiatan yang mengadakan pencatatan sebagai keterangan yang penting di dalam usaha yang bersangkutan merupakan definisi dari…..
a. Tata usaha
b. Organisasi
c. Manajemen
d. Ministro
e. Kesekretariatan
8. Tenaga kerja yang tergolong dalam swapekerja yaitu…..
a. Karyawan pabrik
b. Pegawai swasta
c. Petani gurem
d. Pegawai negeri
e. Dokter praktek sendiri
9. Manajemen kepegawaian adalah proses kegiatan yang harus dilakukan oleh setiap pemimpin agar tercapainya tujuan organisasi seimbang dengan sifat, hakikat, dan fungsi organisasi serta sifat dan hakikat para anggotanya merupakan rumusan pengertian administrasi kepegawaian yang disampaikan oleh……
a. Felix A. Nigro
b. F.X. Soedjadi MPA
c. Paul pigors
d. Liang gie
e. Widjaja
10. Tujuan utama administrasi kepegawaian menurut Drs. Mittah Thoa MPA adalah…..
a. Mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan kepegawaian
b. Tercapainya penggunaan sumber tenaga kerja yang ada secara efesien
c. Terciptanya hubungan kerja yang baik diantara anggota organisasi
d. Mengupayakan agar pengembangan para personil pegawai dalam organisasi dapat berjalan secara maksimal
e. Memperkuat sistem perencanaan dan pengembangan pegawai
11. Berikut yang bukan termasuk aktivitas dalam ruang lingkup administrasi kepegawaian yaitu….
a. Pengusulan informasi pegawai
b. Inventarisasi pegawai
c. Pengusulan pengangkatan dan mutasi pegawai
d. Mengatur usaha kesejahteraan pegawai
e. Menyelesaikan masalah pribadi dalam pegawai
12. Salah satu kegiatan dalam administrasi kepegawaian negara menurut Prof. Dr. R.Arifin Abdulracman yaitu….
a. Disiplin dan moral
b. Klasifikasi yuridiksi
c. Percobaan
d. Penyelenggaran latihan jabatan
e. Riset kepegawaian
13. Kemauan manusia sebagai unsur pekerja harus dihargai posisinya sebagai manusia selayaknya dan bukan dianggap sebagai mesin merupakan maksud dari prinsip…..
a. Demokrasi
b. Kesatuan arah
c. Komando
d. Efesien dan produktivitas kerja
e. Kemanusiaan
14. Fungsi administrasi kepegawaian yang berkaitan dengan tugas-tugas yang menggunakan daya pikir disebut sebagai fungsi…..
a. Teknis
b. Operatif
c. Manajerial
d. Organisasi
e. Developing
15. Latihan untuk meningkatkan keterampilan pegawai sering disebut sebagai….
a. Integrasi
b. Kompensasi
c. Penataran
d. Seminar
e. Pendidikan
16. Setiap pekerja mempunayi hak untuk memperoleh perlindungan atas keselamatan dan kesehatan kerja, moral, dan kesusilaan serta…..
a. Penghidupan yang layak
b. Perlakuan yang sesuai dengan harkat dan martabat manusia serta nilai-nilai agama
c. Beribadah sesuai dengan keyakinan masing-masing
d. Upah yang setimpal
e. Jaminan keselamatan kerja
17. Semua orang yang berada dan menjadi bagia di dalam suatu kantor serta melakukan pekerjaan-pekerjaan perkantoran sesuai dengan tugas-tugas dan pertanggung jawabnya masing-masing disebut….
a. Personel kantor
b. Karyawan
c. Pegawai
d. Pegawai negeri sipil
e. Buruh
18. Kata pegawai berasal dari kata personil atau personal yang berarti….
a. Karyawan
b. Tenaga hororer
c. Pegawai
d. Pekerja
e. Pembantu
19. Berikut yang tidak termasuk personil kantor adalah…..
a. Manajer kantor
b. Sekretaris
c. Personalia
d. Kurir kantor
e. Sopir
20. Tujuan utama administrasi adalah….
a. Efesiensi
b. Efektivitas
c. Produktivitas
d. Kualitas
e. Berdaya guna
21. Berikut yang bukan tujuan administrasi kepegawaian adalah…
a. Memperkuat sistem perencanaan dan pengembangan pegawai serta pemenuhan/rekrutmen sesuai dengan tingkat kebutuhan dan yang tersedia
b. Mengembangkan sistem manajemen informasi kepegawaian
c. Meningkatkan kualitas sumber daya aparatur untuk meningkatkan kompetensi sesuai tugas pokok dan fungsi yang dilaksanakan melalui pendidikan dan latihan, pelatihan pendidikan formal dan meningkatkan keterampailan teknis dan fungsional aparatur pemerintah.
d. Terwujudnya penataan pegawai sesuai kompetensi jabatan dan syarat jabatan serta memperhatikan pola karir.
e. Peningkatan pembinaan untuk meningkatkan akuntabilitas dan kesejahteraan pengusaha.
22. Administrasi kepegawaian pada hakikatnya melakukan dua fungsi yaitu funsi manajerial dan fungsi…
a. Operatif
b. Administratif
c. Objektif
d. Aktif
e. Pasif
23. Fungsi manajerial berkaitan dengan pekerjaan pikiran atau menggunakan pikiran meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan….
a. Pengendalian pegawai
b. Pertanggung jawaban
c. Aktivitas
d. Kapasitas
e. Kualitas
24. Suatu kegiatan untuk memberikan analisa atau menganalisis pekerjaan-pekerjaan apa saja yang harus dilakukan, bagaimana mengerjakannya dan mengapa harus dilaksanakan disebut….
a. Rekruitmen
b. Psikotes
c. Analisis jabatan
d. Seleksi karyawan
e. Evaluasi jabatan
25. Pernyataan tidak puas secara tertulis merupakan bentuk hukuman disiplin….
a. Berat
b. Ringan
c. Sedang
d. Sangat berat
e. Lisan
26. Peraturan pemerintah yang mengatur tentang disiplin PNS terdapat dalam nomor…
a. 53 Tahun 2010
b. 52 Tahun 2010
c. 54 Tahun 2011
d. 45 Tahun 1945
e. 34 Tahun 2010
27. Setia dan taat sepenuhnya kepada pancasila dan UUD Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Pemerintah sebagaimana dimaksud dalam pasal…
a. 3
b. 4
c. 5
d. 6
e. 7
28. Mengenai tata cara pemanggilan, pemeriksaan, penjatuhan dan penyampaian keputusan hukuman disiplin telah diatur dalam ketentuan peraturan pemerintah nomor…
a. 53 Tahun 2010
b. 54 Tahun 2010
c. 53 Tahun 2017
d. 54 Tahun 2015
e. 53 Tahun 2012
29. Pegawai yang diduga melakukan pelanggaran disiplin dipanggil secara tertulis untuk diperiksa oleh atasan langsung atau tim pemeriksa menurut pasal… PP No. 53 Tahun 2010.
a. 32
b. 33
c. 34
d. 23
e. 35
30. Sanksi yang diberikan kepada seorang PNS apabila tidak masuk selam 5 hari adalah…
a. Teguran tertulis
b. Penundaan gaji
c. Teguarn lisan
d. Penurunan jabatan
e. Pernyataan tidak puas
31. Alokasi penghargaan kepada pegawai harusnya mempertimbangkan tingkat kebutuhan utama dari pegawai, merupakan definisi dari…
a. Equity
b. Goal congruence
c. Equality
d. Needs
e. Punishment
32. Dalam PP No. 78 tahun 2015 penghasilan yang layak sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) diberikan dalam bentuk…dan…
a. Upah dan pendapatan non upah
b. Upah dan Tunjangan
c. Tunjangan dan Pendapatan non upah
d. Pendapatan nonupah dan uang lembur
e. Uang lembur dan Upah
33. PPRI No. 60 tahun 2015 tentang perubahan atas PP No. 46 tahun 2015 tentang…
a. Penyelenggaraan program jaminan hari tua
b. Pengupahan
c. Tunjangan
d. Kerja lembur
e. Pensiun
34. Kewajiban PNS ditetapkan dalam…
a. UU No. 7 Tahun 1974
b. UU No. 9 Tahun 1974
c. UU No. 8 Tahun 1974
d. UU No. 6 Tahun 1974
e. UU No. 8 Tahun 1975
35. Perhitungan upah lembur didasarkan pada upah…
a. Harian
b. Mingguan
c. Bulanan
d. Tahunan
e. Bulanan dan Tahunan
36. Jika setiap unsur DP3 benilai baik, kenaikan pangkat reguler adalah biasanya dalam jangka….tahun.
a. 3,5 tahun
b. 2 tahun
c. 3 tahun
d. 4 tahun
e. 5 tahun
37. Hubungan susunan diatur dalam…
a. Pasal 8 sub b
b. Pasal 8 sub c
c. Pasal 8 sub e
d. Pasal 8 sub f
e. Pasal 8 sub d
38. Larangan perkawinan bagi seorang wanita selama masa tunggu diatur dalam…
a. Pasal 11 UU No. 5 Tahun 1974
b. Pasal 11 UU No. 4 Tahun 1974
c. Pasal 11 UU No. 1 Tahun 1974
d. Pasal 11 UU No. 2 Tahun 1974
e. Pasal 12 UU No. 1 Tahun 1974
39. Pasal 31 kitab undang-undang hukum perdata mengatur tentang….
a. Hubungan darah dalam garis ke atas maupun bawah
b. Antara ipar laki-laki dan ipar perempuan
c. Berdasarkan pengadilan telah dinyatakan berzina.
d. Hubungan sedarah
e. Hubungan sesusuan
40. Dibawah ini yang menyebabkan perceraian adalah…
a. Komunikasi yang lancar
b. Hubungan jarak jauh
c. Ketidak harmonisan dalam rumah tangga
d. Ekonomi yang mapan
e. Saling menghargai
SOAL OTK HUMAS
SOAL Arsip
- Kata arsip berasal dari bahasa yunani (greek) yaitu….
A. Archium
B. Felum
C. Archives
D. Bundel
E. Record
Jawaban: A. Archium
- Sedangkan dalam bahasa latin kata arsip berasal dari kata felum yang berarti…
A. Peti yang digunakan untuk menyimpan kumpulan warkat
B. Tali atau benang yang digunakan untuk mengikat kumpulan warkat
C. Laci yang digunakan untuk menyimpan kumpulan warkat
D. Kotak yang digunakan untuk menyimpan kumpulan warkat
E. Folder yang digunakan untuk menyimpan kumpulan warkat
Jawaban: B. Tali atau benang yang digunakan untuk mengikat kumpulan warkat
- Arsip memiliki karakter yang disebut karakteristik arsip, dimana karakteristik tersebut dapat membedakan kualitas arsip, karakteristik arsip tersebut antara lain, KECUALI…
A. Otentik
B. Legal
C. Unik
D. Reliabel
E. Menarik
Jawaban: E. Menarik
- Arsip yang tidak di pergunakan secara langsung untuk perencanaan, penyelenggaraan kehidupan kebangsaan pada umumnya maupun untuk penyelenggaraan sehari-hari administrasi negara, yaitu pengertian….
A. Arsip statis
B. Arsip aktif
C. Arsip dinamis
D. Arsip semi aktif
E. Arsip in aktif
Jawaban: A. Arsip statis
- Arsip yang dipergunakan secara terus menerus dalam kegiatan kantor dan masih sering digunakankan untuk keperluan tertentu disebut …
A. Arsip vital
B. Arsip aktif
C. Arsip pasif
D. Arsip primer
E. Arsip inaktif
Jawaban: B. Arsip aktif
- Arsip yang dapat menggambarkan kejadian yang sebenarnya dimasa lalu adalah arsip yang mempunyai nilai….
A. Informative
B. Ilmiah
C. Historis
D. Ekonomis
E. Yudiris
Jawaban: C. Historis
- Arsip yang mempunyai fungsi sebagai pembuktian dalam suatu proses pengadilan di sebut arsip yang….
A. Informatif
B. Historis
C. Yudikatif
D. Yuridis
E. Ilmiah
Jawaban: D. Yuridis
- Nota jual beli adalah dokumen yang memiliki nilai guna….
A. Penerangan
B. Yuridis
C. Historis
D. Edukasi
E. Perdagangan
Jawaban: E. Perdagangan
- Pengendalian kegiatan pengurusan surat/arsip, baik surat masuk maupun surat keluar, sepenuhnya di bebankan dan dipertanggungjawabkan secara terpusat pada suatu organisasi yang disebut unit kearsipan, merupakan pengertian asas kearsipan…
A. Sentralisasi
B. Desentralisasi
C. Menyeluruh
D. Tunggal
E. Gabungan
Jawaban: A. Sentralisasi
- Pengendalian kegiatan surat/arsip, baik surat masuk maupun surat keluar sepenuhnya dilaksanakan oleh masing-masing unit kerja dalam suatu organisasi, merupakan pengertian asas kearsipan…
A. Menyeluruh
B. Desentralisasi
C. Sentralisasi
D. Tunggal
E. Gabungan
Jawaban: B. Desentralisasi
- Buku, laporan , majalah, dan koran merupakan bahan dokumentasi …
A. Vital
B. Kolporal
C. Literal
D. Dinamis
E. Privat
Jawaban: C. Literal
- Sehelai kertas, tipis/tebal yang dicetak dan dipergunakan untuk mengumpulkan atau menyampaikan atau merekam informasi disebut….
A. Surat
B. Biodata
C. Daftar riwayat hidup
D. Formulir
E. Laporan
Jawaban: D. Formulir
- Akta kelahiran, STTB, piagam, KTP, SIM, dan surat nikah merupakan bentuk dokumen….
A. Niaga
B. Vital
C. Sejarah
D. Pemerintah
E. Pribadi
Jawaban: E. Pribadi
- UU kearsipan yang berorientasi pada masyarakat/pengguna, artinya arsip harus digunakan seoptimal mungkin untuk kepentingan masyarakat adalah…..
A. UU No. 43 tahun 2009
B. UU No. 33 tahun 2009
C. UU No. 7 tahun 1971
D. UU No. 17 tahun 1971
E. UU No. 53 tahun 2009
Jawaban: A. UU No. 43 tahun 2009
- UU kearsipan yang pengelolaan arsipnya secara sentral oleh ANRI dan Kanwil ANRI adalah…..
A. UU No. 43 tahun 2009
B. UU No. 7 tahun 1971
C. UU No. 17 tahun 1971
D. UU No. 53 tahun 2009
E. UU No. 33 tahun 2009
Jawaban: B. UU No. 7 tahun 1971
- Di bawah ini bukan merupakan permasalahan yang sering di jumpai dalam pengelolaan arsip adalah….
A. Membiasakan arsip menumpuk disuatu tempat dan tidak segera disimpan
B. Kurang menyadari akan arti pentingnya arsip
C. Harus menyisihkan biaya dalam pengeloaannya
D. Peminjaman arsip tidak di lakukan melalui prosedur yang benar dan terlalu lama jangka pinjamnya
E. Tidak dilakukan penyusutan arsip dengan benar
Jawaban: C. Harus menyisihkan biaya dalam pengeloaannya
- Di bawah ini bukan merupakan ciri system penyimpanan yang baik adalah….
A. Mudah dicapai bila diperlukan
B. Sederhana dalam menerapkan suatu system
C. Ekonomis dalam hal biaya, pikiran, tenaga, dan peralatan
D. Menggunakan tempat yang representative dan fasilitas yang lengkap
E. System yang dipakai harus disesuaikan dengan tujuan, jenis, dan besar kecilnya suatu organisasi
Jawaban : D. Menggunakan tempat yang representative dan fasilitas yang lengkap
- Filing system digunakan dengan tujuan untuk….
A. Menghemat waktu
B. Menghemat biaya
C. Menghemat tenaga
D. Menghemat tempat
E. Semua benar
Jawaban: E. Semua benar
- Syarat ketrampilan petugas arsip adalah….
A. Trampil dalam filing dan finding
B. Sabar
C. Ramah
D. Minimal D.II kearsipan
E. Teliti
Jawaban: A. Trampil dalam filing dan finding
- Suatu system penyimpanan dan penemuan kembali arsip yang didasarkan atas pedoman yang telah dipilih, sehingga meningkatkan efektifitas dan efesiensi yang tinggi disebut….
A. System penemuan kembali
B. System kearsipan
C. System pemberkasan
D. System pengolahan dokumen
E. System penyimpanan
Jawaban: B. System kearsipan
- Dibawah ini yang tidak termasuk tujuan pengelolaan kearsipan adalah
A. Menyimpan warkat
B. Memelihara warkat
C. Mengirim arsip
D. Menemukan arsip dengan cepat
E. Menghemat waktu, pikiran, dan tenaga
Jawaban: C. Mengirim arsip
- Dibawah ini yang bukan merupakan cara pengumpulan dokumen yaitu….
A. Wawancara (interview)
B. Membuat lembar pertanyaan (quisioner)
C. Pengamatan/observasi
D. Tukar menukar informasi
E. Menelusuri koleksi buku atau keterangan lainnya
Jawaban: D. Tukar menukar informasi
- Alat atau sarana yanag digunakan dalam bidang kearsipan, disebut dengan…
A. Perlengkapan kearsipan
B. Peralatan
C. Perlengkapan
D. Alat dan bahan
E. Peralatan kearsipan
Jawaban: E. Peralatan kearsipan
- Lemari arsip yang terdiri dari beberapa laci, 4 dan 5 laci. Setiap laci dapat menampung kurang lebih 5.000 lembar arsip ukuran surat yang disusun berdiri tegak lurus (vertical) berderet ke belakang disebut dengan…
A. Filling cabinet
B. Perforator
C. Ordner
D. Lemari arsip
E. Rotary
Jawaban: A. Filling cabinet
- Alat yang berfungsi untuk melubangi kertas yang akan dimasukan ke dalam snelhecter disebut dengan…
A. Filling cabinet
B. Perforator
C. Ordner
D. Lemari arsip
E. Rotary
Jawaban: B. Perforator
- Alat yang berfungsi untuk menyatukan kertas yang akan dijilid disebut dengan…
A. Filling cabinet
B. Ordner
C. Stapler
D. Lemari arsip
E. Rotary
Jawaban: C. Stapler
- Semacam filling cabinet tetapi penyimpanan arsip dilakukan secara berputar disebut dengan…
A. Filling cabinet
B. Stapler
C. Ordner
D. Rotary
E. Lemari arsip
Jawaban: D. Rotary
- Tempat menyimpan arsip dalam berbagai bentuk arsip. Lemari ini dapat terbuat dari kayu atau juga besi yang di lengkapi dengan daun pintu yang menggunakan engsel, pintu dorong, ataupun menggunakan kaca disebut dengan…
A. Filling cabinet
B. Stapler
C. Ordner
D. Rotary
E. Lemari arsip
Jawaban: E. Lemari arsip
- Lemari tanpa pintu tempat menyimpan arsip yang disusun secara lateral (menyamping) disebut dengan…
A. Rak arsip
B. Filling cabinet
C. Stapler
D. Lemari arsip
E. Rotary
Jawaban: A. Rak arsip
- Alat yang fungsinya sebagai penunjuk atau pemisah adaqlah…
A. Folder
B. Guide
C. Odner
D. Snelhecter
E. Perforator
Jawaban: B. Guide
- Untuk menyimpan arsip kedalam kotak arsip, terlebih dahulu arsip dimasukan kedalam…
A. Hanging folder
B. Map snelhecter
C. Folder
D. Map ordner
E. Rotary
Jawaban: C. Folder
- Map arsip yang dilengkapi dengan daun penutup disebut….
A. Folder
B. Hanging folder
C. Snelhecter
D. Stopmap folio
E. Odner
Jawaban: D. Stopmap folio
- Folder yang mempunyai besi penggantung. Besi penggantung ini di pasang pada gawang yang ada di filling cabinet disebut….
A. Stopmap folio
B. Folder
C. Snelhecter
D. Odner
E. Hanging folder
Jawaban: E. Hanging folder
- Map besar dengan ukuran punggung sekitar 5 cm yang di dalamnya terdapat besi penjepit disebut….
A. Odner
B. Stopmap folio
C. Folder
D. Hanging folder
E. Snelhecter
Jawaban: A. Odner
- Lembaran/formulir yang digunakan untuk mencatat setiap peminjam arsip disebut….
A. Stopmap folio
B. Outslip
C. Folder
D. Hanging folder
E. Snelhecter
Jawaban: B. Outslip
- Berikut ini yang bukan termasuk cara pemeliharaan mesin fotokopi adalah…
A. Nyalakan tombol on dan tunggu mesin panas baru dapat digunakan
B. Bersihkan kaca bagian atas supaya hasil kopian bersih
C. Cabut kabel apabila mesin sudah panas
D. Lakukan pengkopian dengan jeda waktu apabila jumlah kopian banyak
E. Gunakan tombol sesuai fungsinya
Jawaban: C. Cabut kabel apabila mesin sudah panas
- Urutan pengoperasian mesin foto copy yang benar
- Hidupkan mesin dengan menekan tombol ON
- Tekan tobol pengatur hasil copy
- Jika sudah selesai tekan tombol OFF
- Tekan tombol jumlah hasil penggandaan yang dikehendaki
- Letakkan kertas pada kaca tempat foto copy dengan bagian tepi alas menempel pada garis skala
Urutan pengoperasian mesin adalah….
A. 1,3,5,4,2
B. 1,2,3,4,5
C. 3, 5,4,2,1
D. 1,5,2,4,3
E. 5,4,2,1,3
Jawaban: D. 1,5,2,4,3
- Sebagai seorang sekretaris kita sering bekerja menggunakan computer yang mengandung radiasi, untuk melindungi mata kita dari radiasi sebaiknya menggunakan……saat berada didepan komputer
A. Kacamata hitam
B. Kacamata polaroid
C. Kacamata plus
D. Kacamata minus
E. Kacamata anti radiasi
Jawaban: E. Kacamata anti radiasi
SOAL Korespondensi
Halaman ini berisi Soal Korespondensi Kelas 10 – OTKP dan kunci jawaban yang terdiri dari 38 soal pilihan ganda, untuk adik-adik pelajari sebagai latihan di rumah sebelum menghadapi ujian di sekolah, maupun guru sebagai bahan referensinya dalam pembuatan soal-soal latihan maupun soal ujian.
Semoga halaman ini bisa bermanfaat bagi pembaca ataupun bagi Guru yang sedang mencari Bahan Soal Pelajaran Sekolah.
Berikut contoh Soal Korespondensi Kelas 10 – OTKP :
- Pada zaman teknologi yang semakin maju seperti sekarang ini, seseorang dapat memberikan informasi dari media apa saja. Seorang pimpinan dapat memberikan pengumuman kepada karyawannya menggunakan telepon genggam secara menyeluruh. Peran seorang pimpinan dalam memberikan informasi pada ilustrasi tersebut adalah….
A. Komunikan
B. Pesan
C. Komunikator
D. Media
E. Feedback
Jawaban: C
- Suatu proses pengiriman pesan atau simbol-simbol yang mengandung arti dari seseorang komunikator kepada komunikan dengan tujuan tertentu, merupakan pengertian dari :
A. Komunikasi
B. Komunikan
C. Komunikator
D. Pesan
E. Informasi
Jawaban: A
- Pemindahan pesan tanpa menggunakan kata-kata. Merupakan cara yang paling meyakinkan untuk menyampaikan pesan kepada orang lain, merupakan pengertian dari…
A. Komunikasi non verbal
B. Komunikasi verbal
C. Komunikasi tidak langsung
D. Komunikasi Tertutup
E. Komunikasi langsung
Jawaban: A
- Proses penyampaian pikiran, pesan, atau perasaan seseorang kepada orang lain dengan menggunakan symbol yang menggunakan satu kata maupun lebih sebagai medianya, merupakan pengertian dari…
A. Komunikasi non verbal
B. Komunikasi verbal
C. Komunikasi tidak langsung
D. Komunikasi Tertutup
E. Komunikasi langsung
Jawaban: B
- Pada hari ini, PT Proliman menerima surat permohonan kerjasama yang dikirimkan oleh PT Protelon mengenai kerjasama percetakan dokumen, buku dan sebagainya. Namun ada beberapa hal yang kurang bisa dipahami perihal poin-poin kerjsama yang ditawarkan. Untuk memperjelas poin kerjasama tersebut, maka PT Proliman menghubungi PT Protelon melalui telepon.
Berdasarkan ilustrasi di atas, fungsi komunikasi telepon adalah untuk….
A. Mempermudah penyampaian berita
B. Memperjelas isi informasi yang disampaikan komunikator
C. Mempersingkat waktu dalam penyampaian pesan atau berita
D. Mengefektifkan proses penyampaian pesan atau berita
E. Sebagai alat untuk membangkitkan daya Tarik pesan atau berita
Jawaban: B
- Sebagai wujud ungkapan perasaan atau pikiran komunikator, atas apa yang dia pahami terhadap sesuatu hal atau permasalahan, merupakan pengertian dari fungsi komunikasi…..
A. Informasi
B. Kontrol
C. Sosial
D. Ekonomi
E. Ekspresi
Jawaban: E
- Semua sarana yang di pergunakan untuk memproduksi, mendistribusikan, atau menyebarkan, dan menyampaikan informasi, merupakan pengertian dari…
A. Komunikan
B. Komunikasi
C. Media komunikasi
D. Pesan
E. Informasi
Jawaban: C
- Berikut ini yang bukan merupakan media komunikasi yang digunakan secara internal adalah…
A. Telephone (telepon)
B. Surat
C. Papan pengumuman
D. TV
E. House jurnal (majalah bulanan)
Jawaban: D
- Berikut ini yang bukan merupakan contoh komunikasi tatap muka langsung adalah…
A. Rapat
B. Menelepon
C. Diskusi
D. Pertemuan
E. Mengobrol
Jawaban: B
- Dibawah ini yang merupakan media audio adalah …
A. Radio, TV, Koran
B. Radio, TV, Tape recorder
C. Radio, Foto, Koran
D. Radio, TV, Majalah
E. Radio, MP3
Jawaban: E
- Proses komunikasi sangat dipengaruhi oleh faktor kepercayaan, merupakan pengertian dari faktor komunikasi…..
A. Clarity
B. Context
C. Content
D. Credibility
E. Continuity
Jawaban:
- Media yang digunakan untuk komunikasi secara internal, kecuali…..
A. Surat keluar
B. Telephone (telepon)
C. Papan pengumuman
D. House jurnal (majalah bulanan)
E. Memo
Jawaban: D
- Salah satu manfaat dari komunikasi adalah…
A. Dapat menggunakan media dengan tepat
B. Dapat bertemu dengan orang banyak
C. Menjaga hubungan baik dan silaturahmi dalam suatu persahabatan, komunitas
D. Lebih percaya diri
E. Dapat meningkatkan status sosial
Jawaban: C
- Dibawah ini yang bukan pedoman untuk tercapainya komunikasi yang baik adalah…
A. Kunci sukses komunikasi adalah umpan balik.
B. Komunikasi tatapmuka adalah bentuk komunikasi yang paling efektif.
C. Setiap pesan komunikaasi mengandung unsur informasi sekaligus emosi.
D. Kunci sukses komunikasi adalah sudah saling kenal anrtara komunikator dengan komunikan.
E. Kata adalah lambang untuk mengekspresikan pikiran atau perasaan yang terbuka untuk ditafsirkan.
Jawaban: D
- Dalam berkomunikasi secara verbal, ada beberapa sikap yang perlu dicermati, diantaranya truth, yang berarti…
A. Tulus
B. Ramah
C. Kesungguhan
D. Ketenangan
E. Beroreintasi pada kebenaran
Jawaban: E
- Di dalam proses komunikasi terdapat istilah decoding dan encoding, decoding berarti….
A. Menterjemahkan/mengartikan simbol-simbol kedalam bahasa/pesan yang mudah dimengerti
B. Pesan yang akan disampaikan oleh komunikator kepada komunikan
C. Adanya umpan balik yang menunjukkan adanya komunikasi dua arah
D. Adanya hambatan dalam proses komunikasi
E. Pesan yang akan disampaikan disandikan terlebih dahulu menjadi symbol-simbol.
Jawaban: B
- Pesawat telepon yang digunakan oleh masyarakat pada umumnya yang memiliki fasilitas telepon di rumahnya adalah pesawat…
A. Intercom
B. Tunggal
C. Hunting
D. Telepon intern
E. Telepon ekstern
Jawaban: B
- Berikut keuntungan telepon dengan pesawat SLJJ, kecuali …
A. Tidak di kenakan biaya minimum 3 menit
B. Tidak perlu menunggu lama
C. Tidak perlu menghubungi operator
D. Tidak perlu membayar mahal
E. Tidak dapat menjangkau seluruh Indonesia
Jawaban: E
- Pesawat telepon yang digunakan untuk membuat suatu hubungan audio diantara orang-orang yang tersebar secara geografis dengan tujuan melaksanakan konferensi, disebut
A. Telephon
B. PABX
C. Telephon conference
D. Voice mail
E. Skype
Jawaban: C
- Siti adalah seornag staf pemasaran di perusahaan Karya Nanda. Suatu ketika, Siti ingin menghubungi rekan kerjanya yang berada di bagian keuangan untuk mendiskusikan masalah permohonan dana untuk pengadaan barang di bagian pemasaran. Alat komunikasi yang sesuai digunakan oleh Siti adalah….
A. Pesawat telepon
B. Switchboard
C. PMBX
D. Intercom
E. PABX
Jawaban: D
- Cara menggunakan hubungan telepon yang dimulai dengan menekan kode wilayah dan kemudian menekan kode nomor telepon yang di tiju disebut hubungan …
A. Interlokal
B. Local
C. Tunggal
D. Ganda
E. Internasional
Jawaban: A
- Melakukan hubungan telepon langsung ke luar negeri dengan pesawat telepon (bukan Hp) adalah dengan cara memutar….
A. Kode awal/SLI + kode negara + kode wilayah + nomor telepon
B. Kode negara + kode wilayah + nomor telepon
C. Kode awal/SLI + kode negara + nomor telepon
D. Kode negara + kode awal/SLI + kode wilayah + nomor telepon
E. Nomor telepon + Kode wilayah + kode negara
Jawaban: B
- Ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral (akhlak), merupakan pengertian dari…
A. Sikap
B. Kepribadian
C. Tindak tanduk
D. Etika
E. Etika Kepribadian
Jawaban: D
- Dalam menagani telepon terdapat faktor hambatan antara lain faktor….
A. Posisi dan alat
B. Dana dan pemakaian
C. Alat dan pemakai
D. Manusia dan penggunaan
E. Komunikasi dan alat
Jawaban: C
- Kemampuan untuk menempatkan diri pada situasi atau kondisi yang di hadapi orang lain, merupakan pengertian dari prinsip komunikasi secara…
A. Respect
B. Empaty
C. Audible
D. Humble
E. Clarity
Jawaban: B
- Sikap yang perlu dicermati oleh seseorang dalam berkomunikasi, kususnya berkomunikasi verbal, yaitu antara lain truth yang berarti…
A. Tulus
B. Ramah
C. kesungguhan
D. Ketenangan
E. Beroreintasi pada kebenaran
Jawaban: E
- Banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan berkomunikasi secara baik dan efektif, di antaranya sebagai berikut, kecuali….
A. Menyebabkan terjadinya konflik antara komunikator dengan komunikan
B. Tersampaikan nya gagasan atau pemikiran kepada orang lain dengan jelas dan sesuai dengan yang dimaksudkan
C. Adanya saling kesepahaman antara komunikator dan komunikan dalam suatu permasalahan, sehinggga terhindar dari salah peresepsi.
D. Menjaga hubungan baik dan silaturahmi dalam suatu persahabatan, komunitas.
E. Pesan-pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik tanpa menimbulkan perasaan negatif
Jawaban: A
- Kurang dapat menangkap isi pembicaraan merupakan salah satu hambatan dalam komunikasi telepon, misalnya pada saat anda menerima telepon, anda diminta untuk menyebutkan nama pimpinan anda, tetapi si penelpon tidak mendengar, maka untuk memperjelas awal huruf maka anda menggunakan…
A. Pengeras suara
B. Tulisan
C. Spelling abjad
D. Diulag-ulang
E. Mengeja
Jawaban: C
- Saat anda akan melakukan panggilan telepon, maka pesan yang akan anda sampaikan akan dicatat pada . . . .
A. Bloknote
B. Kertas
C. lembar kartu kendali
D. Lembar disposisi
E. Lembar pesan telpon
Jawaban: A
- Saat anda menerima telepon masuk, maka anda akan mengisi . . . .
A. Bloknote
B. Kertas
C. Lembar kartu kendali
D. Lembar pesan telpon
E. Lembar disposisi
Jawaban: D
- Kode alphabet untuk spelling abjad adalah kata yang sering kita ucapkan jika kita berada dalam percakapan di mana kita tidak saling ketemu, dibawah ini adalah kata yang sering digunakan untuk spelling abjad, kecuali…
A. A : Alpha
B. B : Bravo
C. C : Charlie
D. D : Delta
E. E : Enak
Jawaban: E
- Telephone Manner atau disebut juga mengenai tata bicara di telepon, terdapat beberapa aturan yang baik dan benar. Dibawah ini yang bukan tata cara menerima telpon yang baik adalah…
A. Mengangkat telepon dalam tiga kali dering
B. Menyebutkan nomor telpon pribadi walaupun tidak diminta
C. Mengangkat telepon dengan tangan kiri
D. Tangan kanan memegang alat tulis
E. Memberikan/menyebutkan identitas
Jawaban: B
- Di bawah ini adalah pertanyaan yang dapat Anda lakukan, jika pada saat menerima telepon si penelepon tidak menyebutkan identitasnya adalah…
A. Siapa yang bicara?
B. Boleh saya tahu, siapa yang bicara?
C. Boleh saya tahu, dengan siapa saya bicara?
D. Tolong dikasih tahu, dengan siapa saya bicara?
E. Siapa ini?
Jawaban: C
- Saat anda menerima telepon masuk dan penelepon ingin berbicara dengan pimpinan sementara beliau sedang sibuk dan tak ingin diganggu. Apa yang harus anda sampaikan agar si penelepon tidak kecewa ….
A. Maaf bapak sedang sibuk tidak bisa diganggu!
B. Maaf bapak sedang sibuk, bisa telepon lagi
C. Maaf tinggalkan pesan saja bapak sedang sibuk
D. Maaf bapak sedang sibuk ada pesan yang ingin disampaikan?
E. Lain kali saja bapak telepon lagi, kalau bapak tidak sibuk
Jawaban: D
- “Good morning, PT. Karya Nanda, Susi is speaking, can I help you” merupakan contoh percakapan telepon bahasa inggris di….
A. Awal pembicaraan
B. Akhir pembicaraan
C. Tengah pembicaraan
D. Iinti pembicaraan
E. Pembukaan
Jawaban: A
- Dibawah ini adalah langkah-langkah menangani telepon bahasa inggris, kecuali…..
A. Don’t let someone wait too long on the telephon
B. When you get a rude caller you should act the same
C. You must smile when you answer the telephon
D. Don’t let the phone ring too long
E. You must mention your name when you answer the telephon
Jawaban: B
- Saat anda menerima telepon yang akan anda ucapkan pertama kali adalah ….
A. Selamat pagi, PT Maju Mundur, ada yang bisa saya bantu?
B. Selamat pagi, gimana ada yang bisa saya bantu?
C. Selamat pagi, Maaf saya sedang sibuk, bisa telepon lagi nanti!
D. Selamat pagi, Saya Selly, ada yang bisa saya bantu?
E. PT Maju Mundur, selamat pagi, dengan Selly selaku sekretaris Bagian kepegawaian, ada yang bisa saya bantu?
Jawaban: E
38.Receptionist : ……………………………………
Caller : May I speak to Mr. Rahadi, please?
Receptionist : Hold on, please?
A. Hi. This Nusantara Airlines. Can I help you?
B. Hi. I’m Rendy from Nusantara Airlines. Who are you?
C. Good morning, can I help you?
D. Hello. Good morning. You’re Mr. Gondo, right?
E. Good morning, Nusantara Airlines. Sapta is speaking, may I help you?
Jawaban: E
- Saat anda akan melakukan panggilan telepon dalam bahasa inggris, maka anda akan mengisi….
A. Lembar pesan telpon
B. Kertas
C. Bloknote
D. Lembar kartu kendali
E. Lembar disposisi
Jawaban: C
- “Could you please tell Mr. sunarto to caal me back” merupakan permintaan si penelpon untuk/meminta
A. Pesannya disampaikan segera
B. Akan menelpon lagi
C. Tidak akan menelpon lagi
D. Ditelpon balik
E. Akan bersedia menunggu
Jawaban: D
Dll
Yakult harus disimpan di dalam lemari pendingin pada suhu 0 – 10 derajat celcius agar bakteri L. casei Shirota strain tidak aktif di dalam botol, sehingga rasa Yakult tetap segar dan manfaatnya tetap maksimal. Yakult boleh diminum pada kondisi tidak dingin, bagi yang tidak terbiasa mengonsumsi minuman dingin.
0 Comments