TUGAS : MENGELOLA KAS KECIL
(Sistem Imprest )
1. Petunjuk Kerja
a. Baca secara cermat soal terlampir
b. Lakukan pembukuan sesuai prosedur
c. Ketik dengan menggunakan aplikasi MS. Excell
2. Alur Kegiatan
a. Mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan
b. Mencatat transaksi tersebut menggunakan bukti penerimaan kas dan bukti
pengeluaran kas
c. Membuat catatan pembukuan kas kecil dengan System Imprest
d. Cetak hasil ketikan di kertas HVS A4
e. Simpan bukti transaksi penerimaan kas dan bukti pengeluaran kas pada ordner yang tersedia sesuai sistem yang digunakan
3. Hasil yang diharapkan
Laporan pengelolaan kas kecil beserta bukti – bukti transaksi pada bulan Februari 2018 , bukti-bukti tersebut diisi dengan benar dan disusun secara kronologis simpan dalam map snelhechter yang tersedia.
4. SOAL MENGELOLA KAS KECIL
Anda diminta untuk membukukan transaksi – transaksi yang telah dilakukan selama bulan Februari 2018, dana kas kecil ditetapkan sebesar Rp. 7.000.000,00 setiap bulannya dengan menggunakan System Imprest.
Tentukan berapa dana yang perlu ditambahkan untuk pengisian petty cash berikutnya,
Pos-Pos Pengeluaran adalah sebagai berikut :
· 201 Konsumsi
· 202 Alat Tulis Kantor
· 203 Telepon, PDAM, Listrik
· 204 Foto Copy
· 205 Transportasi
· 206 Lain-lain
Berikut ini transaksi – transaksi yang dilakukan selama bulan Februari 2018 :
1. Tanggal 2 Februari 2018 Saldo bulan Januari 2018 adalah Rp. 450.000,00
2. Tanggal 19 Februari 2018 Biaya servis komputer Rp. 82.000,00
3. Tanggal 5 Februari 2018 Konsumsi rapat internal untuk 5 orang Rp. 75.000,00
4. Tanggal 6 Februari 2018 Langganan koran dan majalah untuk ruang tamu
Rp. 143,000,00
5. Tanggal 6 Februari 2018 Taksi Bapak Raihan ke Disperindag Rp. 67.000,00
6. Tanggal 16 Februari 2018 Pembelian gula, teh dan kopi untuk keperluan kantor
Rp. 49.000,00
7. Tanggal 5 Februari 2018 Membayar foto copy dan jilid untuk laporan hasil rapat
tanggal 4 Februari 2018 Rp. 73.250,00
8. Tanggal 17 Februari 2018 Membayar rekening telepon Rp. 553.000,00
Membayar PDAM Rp. 626.300,00
Membayar rekening Listrik Rp.1.317.500,00
9. Tanggal 23 Februari 2018 Taksi Bapak Raihan ke kantor cabang Bali Rp. 68.000,00
10. Tanggal 9 Februari 2018 Membeli 1 lusin hanging map @ Rp. 8.500,00 dan 3 buah tip-ex @ Rp. 19.000,00
11. Tanggal 27 Februari 2018 Pembelian pertamax untuk mobil kantor 15 liter @ Rp.10.800,00
12. Tanggal 20 Februari 2018 Membeli 3 rim kertas HVS A4 @ Rp. 42.000,00 / rim dan
lusin ballpoint Faster @ Rp. 38.000,00 / lusin
13. Tanggal 12 Februari 2018 Pemberian tip petugas kebersihan untuk memindahkan perabot kantor 2 orang sejumlah Rp. 70.000,00
14. Tanggal 26 Februari 2018 Bunga duka cita untuk keluarga karyawan Rp, 425.000,00
15. Tanggal 27 Februari 2018 Membeli 1 buah cartridge untuk printer Rp. 350.00,00
16. Tanggal 12 Februari 2018 Biaya servis AC 2 ruangan kantor @ Rp. 65.000,00
17. Tanggal 13 Februari 2018 Pembelian pertamax untuk mobil kantor 10 liter
@Rp. 10.800,00
Comments
Trims infonya, bermanfaat banget.
Mampir ke Web saya ya di Jual Komputer Online atau Tips & Trik Komputer 2021
Mampir ke Web saya ya di Jual Komputer Online atau Tips & Trik Komputer 2021
0 Comments